Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI GAYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIKUTUK KULON PROGO

NINA RISKA ANGGRIANI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI GAYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIKUTUK KULON PROGO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi gaya setelah diterapkannya model pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas 4 tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kalikutuk yang berjumlah 23 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPAS. Data hasil belajar dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan. Rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I menjadi rata-rata kelas sebesar 70, dan ketuntasan belajar (KB) sebesar 57% mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata kelas (M) sebesar 80 dan ketuntasan belajar (KB) sebesar 96%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya siswa kelas IV SD Negeri Kalikutuk.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Pendekatan kontekstual, hasil belajar IPA, materi gaya
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item
View Item