Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 3 SDIT LABORATORIUM SALAMAN MENGGUNAKAN METODE STAD PADA MATERI KEADAAN CUACA

HANUM FAKHRI ZAKI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 3 SDIT LABORATORIUM SALAMAN MENGGUNAKAN METODE STAD PADA MATERI KEADAAN CUACA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada dasarnya, metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru di dalm kelas untuk menyampaikan materi kepada para siswa sangat banyak jenisnya. Akan tetapi metode pembelajaran ini sering juga menjadi penyebab utama kurangya minat belajar siswa sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Pada kegiatan pembelajaran peneliti menemukan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas 3 SDIT Laboratorium terhadap materi keadaan cuaca yang disampaikan masih remdah. Hal tersebut disebabkan oleh penyampaian materi kepada siswa hanya dengan menggunakan metode ceramah saja. Sehingga, berdasarkan temuan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pemecahan masalah melalui penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions). Peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siswa kelas 3 SDIT Laboratorium Salaman yang berjumlah 24 sisiwa merupakan objek dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 nilai rata-rata siswa kelas 3 tersebut naik menjadi 69,5 setelah sebelumnya hanya mencapai rata-rata 58,3 saja. Sebagai bentuk evaluasi yang berkelanjutan, para siswa mengalami peningkatan pemahaman hingga pada evaluasi akhir pada siklus 2 hasil belajar dapat meningkat hingga 91%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode STAD ini termasuk metode pembelajaran yang dapat aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode penelitian
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item
View Item