WULAN TRISNANINGTYAS (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mi Tarbiyathul Athfal Turgurejo Materi Pecahan melalui Implementasi Model STAD Teknik Hands on Mathematics (HoM). Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Matematika merupakan ilmu dengan konsep abstrak yang sulit dipahami bagi siswa sekolah dasar jika metode pembelajaran tidak menarik dan menyulitkan siswa dalam proses pembelajarannya. Perlu adanya metode dan teknik yang menarik salah satunya menerapkan metode kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan bantuan teknik Hands on Mathematics. Tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami dan memecahkan masalah mata pelajaran matematika materi pecahan menggunakan metode kooperatif tipe STAD Teknik Hands on Mathematics. Subjek penelitian ini adalah kelas III MI Tarbiyatul Athfal Tugurejo sebanyak 12 orang, 10 anak laki – laki, 2 anak perempuan. Sumber penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif nya berupa data tes tertulis hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan yang fluktuatif dari 53,25 % pada kegiatan pra siklus hingga siklus 2 sebesar 79 % yang meningkat sebesar 25,75 %. Dari hasil pelaksanaan dan penelitian tersebut dapat ditetapkan bahwa implementasi menggunakan metode kooperatif tipe STAD dengan Teknik Hands on Mathematics dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pecahan di kelas III MI Tarbiyatul Athfal.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif tipe STAD, Hands on Mathematics, Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3435 |