PUTRI DEWI GUSTIYANI (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Fonik. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan membaca permulaan merupakan tahap penting dalam pengembangan literasi anak usia dasar. Metode pembelajaran membaca efektif dapat memberikan dasar yang kokoh bagi anak – anak memahami dan menggunakan bahasa tertulis. Salah satu pendekatan yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca adalah metode fonik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan metode fonik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif yang menggunakan jenis penelitian observasi yang hasilnya dianalisis secara deskriptif. Teknik dan alat pengumpulan data dengan observasi dan wawancara pada 29 siswa kelas I SD Adzkia Banjarnegara, dalam kurun waktu 6 bulan dari Juli 2022– Januari 2023.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengunaan metode fonik dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Dari persentasenya 79,31% siswa belum tuntas membaca setelah observasi 6 bulan menggunakan metode fonik tersisa 24,13% siswa saja yang masih mengalami kesulitan membaca.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Metode Fonik, Membaca permulaan |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3424 |