DZUROTUN NGAFIAH (2023) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB MELALUI METODE PERMAINAN DESKRIPSI GAMBAR BERANTAI PADA SISWA KELAS VI SDIT INSAN MULIA KARANGKOBAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran bahasa Arab yang diajarkan di SDIT Insan Mulia Karangkobar bertujuan agar siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tulis dengan bahasa arab. Selanjutnya inti dari keterampilan menulis adalah agar siswa dapat mengungkapkan perasaan secara tulisan, namun kenyataan menunjukkan bahwa nilai siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis kurang memuaskan. Selain itu, pengalaman peneliti sebagai tenaga pengajar bahasa Arab dipandang sebagai pelajaran yang menakutkan . oleh karena itu peneliti mencari solusi untuk menyelesaikan persoalan yang menjadi PR bagi guru bahasa Arab khususnya yaitu dengan menerapkan sebuah media permainan yang bertujuan dapat meningkatkan pembelajaran menulis dan menyenangkan, maka pembelajaran dengan permainan deskripsi gambar berantai diharapkan menjadi solusi.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VI SDIT Insan Mulia Karangkobar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan permainan deskripsi gambar berantai dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis dan respon siswa terhadap pembelajaran adalah aktif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil tes akhir siklus II diperoleh data bahwa, siswa yang mendapatkan skor > 65 sebanyak 15 orang san siswa yang mendapatkan skor 6,6 % siswa mendapat skor > 65 maka siklus II berdasarkan hasil tes akhir sudah berhasil dengan baik.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis, penerapan permainan deskripsi gambar berantai |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3422 |