Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS II SD N MRANGGEN 2

RIZQI IRAWATI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS II SD N MRANGGEN 2. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Mranggen 2 pada materi Pecahan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada materi Pecahan melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jeni penilitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas II SD Negeri Mranggen 2 Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang dengan jumlah peserta didik sebanyak 18 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2022/2023. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 8 siswa (44%) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi siswa ( %). Pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa (100%). Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada materi Pecahan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Pembelajaran Matematika Realistik
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3417

Actions (login required)

View Item
View Item