RATNASARI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) PADA SISWA KELAS II MI YAPPI RANDUKUNING YOGYAKARTA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II MI Yappi Yogyakarta dengan menggunakan metode suku kata (syllabic methode). Dalam proses pelaksanaan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di MI Yappi Randukuning Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas II MI Yappy Randukuning Yogyakarta dengan jumlah 12 siswa, yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.Personil sekolah meliputi 1 kepala sekolah, 6 guru kelas, 3 guru mapel agama. Dalam penelitin ini, peneliti dibantu oleh seorang guru kelas dan beberapa teman untuk mengamati jalannya pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif dan tes psikomotor kereampilan membaca, juga observasi.Metode suku kata (syllabic method) ini ternyata mempunyai pengaruh dalam keterampilan membaca siswa. Hasil pre tes menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan hanya 50%. Pada siklus ke II mengalami kenaikan hasil ketuntasan sebesar 66,67%. Selanjutnya pada siklus ke II ada peningkatan lagi hasil menjadi 83,33% tingkat ketuntasannya. Dari hasil pre tes, siklus I, dan siklu II bisa disimpulkan bahwa metode suku kata (syllabic method) dapat meningkatkan kemampuan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II MI Yappi Randukuning Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci:siswa, membaca permulaan, kemampuan membaca, metode suku kata. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3413 |