ANIK SARIANTI (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II dengan Media Dakon di SD Negeri Kriyan Kapanewon Kokap Kulon Progo. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelajaran matematika adalah salah satu pelajaran yang bersifat penting dalam sebuah pendidikan mulai dari jenjang SD samapai dengan jenjang perguruan tinggi. Maka pelajaran matematika sangatlah mendasar bagi siswa SD. Pembelajaran matematika sulit untuk dipahami menggunakan panca indra. Berdasarkan dari pengamatan pelajaran ini dianggap sulit karena guru masih menggunakan metode yang konvesional. Karena itu diperlukan metode baru untuk mengatsi masalh tersebut. Penelitian menggunakan media dakon digunakan agar siswa mau belajar dengan aktif dengan cara diberi rangsangan berupa media. Selain ntuk mamacu keaktifan siswa metode ini diharapkan mampu merubah anggapan pada siswa bahwa pelajaran matematika itu tidak sulit. penelitian ini menggunakan metode PTK yang mengadopsi dari Arikunto yang terdiri dari tiga siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil yang meningkat baik dalam proses pengelolaan serta hasil yang didapat siswa. Pada siklus I keefektifan guru dalam mengelola pembelajaran sebersar 55% sedangkan hasil belajar yang didapat siswa sebesar35%. Pada siklus II terdapat kenaikan prosentase sebesar 5% pada keefektifan guru dalam mengelola pembelajaran menjadi 40% sedangkan hasil yang didapat siswa naik 15% menjadi 70%. Pada siklus III sebesar 10% dari 40% menjadi 50%. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga ikut meningkat sebanyak 10% dari 70% menjadi 80%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Dakon, Matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3409 |