Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan Hasil Belajar Berhitung Perkalian Dasar Dengan Model Pembelajaran Kooperatife Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika MI Ma’arif Tirto

NIRMA RIYANTI (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Berhitung Perkalian Dasar Dengan Model Pembelajaran Kooperatife Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika MI Ma’arif Tirto. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPembelajaran matematika dalam dunia pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi dan karakteristik siswa berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Make-a-Match pada materi meningkatkan hasil belajar berhitung perkalian dasar dengan model pembelajaran kooperatif make a match pada mata pelajaran matematika MI Ma'arif Tirto. Peningkatan pembelajaran ini dilakukan selama dua siklus. Dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dari setiap siklusnya. Pada putaran pertama digunakan metode ceramah dan pada putaran kedua digunakan metode diskusi kelompok. Pada Kasus II, guru menggunakan model Make-a-Match dalam pembelajaran. Dari hasil peningkatan pembelajaran di sini disimpulkan bahwa penerapan model make-a-match dapat meningkatkan hasil belajar siswa matematika kelas 2 pada materi berhitung perkalian dasar di MI Ma'arit Tirto Grabag Magelang. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I, rata-rata prestasi belajar siswa 58,9 dan tingkat ketuntasan belajar sebesar 34%. Pada siklus II, rata-rata prestasi belajar siswa melonjak menjadi 80,6 dengan tingkat keberhasilan sebesar 89%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: ABSTRAKPembelajaran matematika dalam dunia pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi dan karakteristik siswa berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Make-a-Match pada materi meningkatkan hasil belajar berhitung perkalian dasar dengan model pembelajaran kooperatif make a match pada mata pelajaran matematika MI Ma'arif Tirto. Peningkatan pembelajaran ini dilakukan selama dua siklus. Dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dari setiap siklusnya. Pada putaran pertama digunakan metode ceramah dan pada putaran kedua digunakan metode diskusi kelompok. Pada Kasus II, guru menggunakan model Make-a-Match dalam pembelajaran. Dari hasil peningkatan pembelajaran di sini disimpulkan bahwa penerapan model make-a-match dapat meningkatkan hasil belajar siswa matematika kelas 2 pada materi berhitung perkalian dasar di MI Ma'arit Tirto Grabag Magelang. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I, rata-rata prestasi belajar siswa 58,9 dan tingkat ketuntasan belajar sebesar 34%. Pada siklus II, rata-rata prestasi belajar siswa melonjak menjadi 80,6 dengan tingkat keberhasilan sebesar 89%.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3407

Actions (login required)

View Item
View Item