Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Dengan Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Benda Konkret Pada Siswa Kelas Lower A SD Tumbuh 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2022-2023

DESTIYANI (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Dengan Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Benda Konkret Pada Siswa Kelas Lower A SD Tumbuh 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2022-2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menghitung perkalian pada siswa kelas Lower A SD Tumbuh 2 Yogyakarta dengan penerapan model pembelajaran kontekstual menggunakan benda konkret. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas Lower A SD Tumbuh 2 Yogyakarta dengan jumlah siswa 14 orang yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan soal tes dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) peningkatan aktivitas guru dari pra siklus ke siklus I sebesar 22,8%, siklus I ke siklus II sebesar 24,7%. (2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 22,8%, dan siklus I ke siklus II sebesar 28,5% (3) Peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan pada materi perkalian pada pra siklus ke siklus I sebesar 21,4%. Sedangkan untuk siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 42,9%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: perkalian, pembelajaran kontekstual, benda konkret
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3406

Actions (login required)

View Item
View Item