Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAKMELALUI METODE BERMAIN TEKA TEKI BERGAMBARDI TK BINA PUTRA PANDAK TAHUN AJARAN 2022/2023

NURUL HIDAYATI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAKMELALUI METODE BERMAIN TEKA TEKI BERGAMBARDI TK BINA PUTRA PANDAK TAHUN AJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan keaksaraan pada anak di TK Bina Putra Pandak tergolong masih rendah. Masih banyak anak yang kemampuan keaksaraannya belum berkembang secara baik dan sesuai dengan harapan, untuk itu perlu tindakan untuk dapat mengembangkan kemampuan keaksaraan anak. Peneliti memilih untuk menggunakan metode bermain teka teki bergambar untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian tindakan kelas. Peneliti berkolaborasi dengan teman sejawat untuk mendukung penelitian ini. Penelitian menunjukkan hasil bahwa kemampuan keaksaraan anak di TK Bina Putra sebelum dilakukan tindakan yang Belum Berkembang ada 7 anak (30,4%), Mulai Berkembang ada 13 anak (56,5%), Berkembang Sesuai Harapan ada 3 anak (13,1%), sedangkan untuk Berkembang Sangat Baik belum ada. Pada siklus I yang Belum Berkembang ada 4 anak (17,4%), Mulai Berkembang ada 12 anak (52,2%), Berkembang Sesuai Harapan ada 6 anak (26,1%) dan Berkembang Sangat Baik ada 1 anak (4,3%). Pada siklus II yang Belum Berkembang ada 3 anak (13,1%), Mulai Berkembang ada 6 anak (26,1%), Berkembang Sesuai Harapan ada 10 anak (43,5%) dan Berkembang Sangat Baik ada 4 anak (17,3%). Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan metode bermain teka teki bergambar bisa meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: kemampuan keaksaraan, metode bermain, teka teki bergambar
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3399

Actions (login required)

View Item
View Item