Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG KELAS B1 MELALUI MEDIA LOOSE PART TK PERMATA BANGSA KARANGMOJO

PUJI LESTARI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG KELAS B1 MELALUI MEDIA LOOSE PART TK PERMATA BANGSA KARANGMOJO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakPerkembangan kognitif pada kurikulum TK untuk kelompok B adalah anak dapat membilang banyak benda dari satu sampai duapuluh, mengenal konsep bilangan dan mengenal lambang bilangan. Kemampuan membilang adalah kemampuan seorang individu untuk menghitung benda satu persatu untuk mengetahui berapa banyak jumlahbenda yang ada. Media loose part (Dedi Wahyu Mustofa) adalah bahan-bahanyang terbuka, dapat terpisah dapat dijadikan satu kembali, dibawa, digabungkan, dijajar, dipindahkan, dan digunakan sendiri atau digabungkan dengan bahan-bahan lain. Dapat berupa benda alam ataupun sintetis. Anak di kelas TK B1 TK Permata Bangsa dalam kemampuan membilangnya masih kurang fokus. Saat membilang ada beberapa anak yang terlalu cepat sehingga dua benda/lebih dihitung satu, dan ada juga anak yang membilangnya kurang. Dengan media loose part ini diharapkan anak lebih semangat dan lebih teliti lagi dalam kegiatan membilang. Metode yang akan digunakan adalah unjuk kerja. Anak akan membilang menggunakan loose part yang sudah disediakan. Membilang benda sesuai angka yang diambil, membilang sesuai benda yang diambil, membilang sesuai warna. Diharapkan dari media loose part yang disediakan anak akan lebih teliti, fokus, sehingga berhasil dalam membilang sesuai dengan tahap perkembangan anak, untuk anak TK B diharapkan dapat membilang 1-20.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: kemampuan membilang, loose part, kelas B1 TK Permata Bangsa
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3396

Actions (login required)

View Item
View Item