Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA WARDUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

ENI YULIYANTI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA WARDUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa melalui metode bercerita menggunakan wayang kardus pada anak usia 4-5 tahun di RA Kreatif Al Baraakah, dan ada 2 permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini, yaitu : pertama, bagaimana penerapan kemampuan bahasa dengan metode bercerita menggunakan media wayang kardus; kedua, bagaimanakah hasil peningkatan kemampuan bahasa melalui metode bercerita menggunakan media wayang kardus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok usia 4-5 tahun yang berjumlah 14 anak. Objek penelitian adalah kemampuan bahasa melalui metode bercerita menggunakan media wayang kardus. Teknik pengumpulan data menggunakan tanya jawab, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan menggunakan kamera hp. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.Kata kunci : kemampuan bahasa, wayang kardus, anak paudABSTRACTThis study aims to determine the increase in language skills through the storytelling method using cardboard puppets in children aged 4-5 years at RA Kreative Al Baraakah, and there are 2 problems that are the main focus of this research, namely: first, how to apply language skills with the method telling stories using wayang cardboard media; second, what are the results of improving language skills through the storytelling method using cardboard puppet media. This type of research is classroom action research. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The research subjects were children in the age group of 4-5 years, totaling 14 children. The object of research is language skills through storytelling methods using cardboard puppet media. Data collection techniques using question and answer, observation and documentation. The instrument used in the observation was in the form of an assessment sheet, to document all children's activities during activities using cellphone cameras. The data analysis technique used is descriptive quantitative and descriptive qualitative.Keywords: language skills, cardboard puppets, early childhood

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kemampuan bahasa, wayang kardus, anak paudKeywords: language skills, cardboard puppets, early childhood
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3392

Actions (login required)

View Item
View Item