SRI HANDAYANI (2023) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEBUTUHAN PRIMER, SEKUNDER DAN TERSIER DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SD IT MUHAMMADIYAH BANDONGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran IPS Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier Kelas 4 SD IT Muhammadiyah Bandongan mendapat nilai kurang dari KKM yaitu 75. Pembelajaran menjadi membosankan karena guru tidak menggunakan metode dan media yang tepat. Kondisi tersebut mengakibatkan siswa tidak berprestasi secara maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran IPS. Metode demonstrasi adalah suatu cara penyampaian materi pembelajaran berupa gambar atau alat peraga melalui media, melalui penyajian oleh guru atau diperagakan siswa , sehingga materi dapat disampaikan secara efektif. Prestasi belajar siswa SD IT Muhammadiyah Bandongan meningkat. Pada awal pembelajaran hanya 23% dari 23 siswa yang lulus KKM, namun pada akhir pembelajaran 100% siswa mencapai KKM. Dengan demikian dapat dikatakan penelitian ini berhasil dengan rata-rata awal 62 menjadi 83. Beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan adalah: 1. Hasil belajar meningkat pada setiap siklus pengembangan pembelajaran. 2. Hasil belajar siswa tergantung pada strategi guru dalam menyampaikan isi pembelajaran. 3. Penggunaan metode demonstrasi yang tepat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier siswa kelas 4 SD IT Muhammadiyah Bandongan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar, IPS |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3383 |