HERLINA MAYSAROH (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikapada Siswa kelas 2 SDIT Salman Al farisi 2. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SDIT SalmanAl Farisi 2 Yogyakarta. Meningkatkan hasil belajar matematika siswa menggunakan modelpembelajaran problem blased learning pada siswa kelas 2 SDIT Salman Al Farisi 2 Yogyakarta.Objek penelitian semua siswa kelas 2 SDIT Salman Al Farisi 2. Jumlah sampel dalam penelitianini yaitu 23 siswa. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dengan bentuk aktivitassiswa saat berlangsungnya pembelajaran . Data kualitatif digunakan dengan mendeskripsikandan menguraikan data hasil observasi. Setelah melalui dua siklus penelitian tindakan kelasdiperoleh hasil pada siklus II, siswa yang telah menunjukkan sikap kedisiplinan mencapai 82%,sikap kemandirian yang ditunjukkan siswa mencapai 87%, sikap ketelitian yang ditunjukkansiswa mencapai 75%, sikap percaya diri yang ditunjukkan siswa mencapai 79%, dan sikap kerjasama yang ditunjukkan siswa mencapai 87%. Hasil tes II (evaluasi) yang dilakukan setelahpembelajaran pada siklus pertama, menunjukkan siswa yang memperoleh nilai tuntas (samadengan atau melebihi KKM) yaitu sebanyak 73% sedangkan siswa yang mendapatkan nilaibelum tuntas (kurang dari KKM) yiatu sebanyak 27%. Kemudian perbaikan kemampuan siswajuga diperbaiki dengan cara menguatkan motivasi siswa sebelum pembelajaran. Sehinggadiperoleh hasil pengamatan pada saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar siklus keduayaitu siswa yang telah menunjukkan sikap kedisiplinan mencapai 95%, kemandirian siswamencapai 96%, ketelitian siswa mencapai 84%, sikap percaya diri siswa mencapai 94%,sedangkan sikap kerja sama siswa mencapai 97%. Hasil tes (evaluasi) yang dilaksanakan seusaipembelajaran pada siklus pertama, menunjukkan siswa yang memperoleh nilai tuntas (samadengan atau melebihi KKM) yaitu sebesar 90% sedangkan, siswa yang mendapatkan nilaibelum tuntas (kurang dari KKM) yaitu sebanyak 10%. Dapat disimpulkan bahwa dari keduasiklus penelitian kelas yang telah dilaksanakan diperoleh hasil bahwa proses pembelajarankebakuan kata melalui media kartu kata telah tuntas dan mencapai kriteria ketuntasan yaitulebih dari 75% siswa mencapai angka tuntas dengan predikat keberhasilan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Hasil Belajar:Problem Based Learning;Matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3381 |