Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGURUTKAN ANGKA 1-5 MELALUI MEDIA PUZZLE ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

IKA WAHYU HINDARTI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGURUTKAN ANGKA 1-5 MELALUI MEDIA PUZZLE ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi lambatnya anak dalam mengurutkan angka 1-5. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak usia 3-4 tahun dalam mengurutkan angka 1-5 melalui media puzzle angka. Peneliti tertarik menggunakan puzzle angka karena permainan ini dapat menambah semangat belajar dan memudahkan anak dalam mengenal bentuk angka sehingga anak dapat mengurutkan angka 1-5 dengan benar dari angka yang terkecil sampai yang terbesar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus pembelajaran. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun sejumlah 10 anak. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penggunaan permainan puzzle angka terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak 3-4 tahun dalam mengurutkan angka 1-5. Hal ini ditunjukkan dari hasil perbaikan pembelajaran siklus 2 dari anak yang sebelumnya baru tuntas sejumlah 3 anak menjadi sejumlah 8 anak yang sudah benar mengurutkan angka 1-5.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: kognitif, anak usia 3-4 tahun, angka 1-5, puzzle angka
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item
View Item