Search for collections on Karya Ilmiah

Implementasi model CTL untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas 1 SDN 1 Tlogojati

YULI HARTATI (2023) Implementasi model CTL untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan pada siswa kelas 1 SDN 1 Tlogojati. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa tentang penjumlahan bilangan cacah di kelas I SDN 1 Tlogojati setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan pendekatan CTL pada pembelajaran matematika dengan menggunakan benda-benda nyata yang berorientasi pada upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, kegiatan observasi dan refleksi. Peneliti mengambil subjek penelitian siswa kelas I SDN 1 Tlogojati Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan CTL mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rekapitulasi hasil pembelajaran siklus I dengan nilai rata-rata 66,36 dan siklus II dengan nilai rata-rata 76,82. Dapat disimpulkan bahwa Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Penjumlahan dapat tercapai melalui Penerapan CTL bagi Siswa Kelas I SDN 1 Tlogojati Kecamatan Wonosobo. Penulis menyarankan Bagi siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran yang disertai media maupun alat bantu pembelajaran lainnya dan bagi guru, hendaknya lebih kreatif dalam pengembangan kegiatan mengajar terutama dalam mencari dan menggabungkan metode yang tepat dengan materi yang akan diajarkan serta dalam menggunakan media dapat meningkatkan minat siswa

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: CTL,Matematika,Penjumlahan
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3378

Actions (login required)

View Item
View Item