Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN DENGAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 LEKSONO

BIYATI (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN DENGAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 LEKSONO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, sehingga akan memudahkan siswa dalam belajar jika bahan ajar yang disajikan memuat permasalahan yang nyata. Matematika merupakan suatu konsep atau objek yang abstrak, karena itu diperlukan media yang dapat membantu menjelaskan melalui peraga nyata. Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan media pembelajaran untuk belajar dapat dilakukan melalui lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika materi bilangan pecahan dengan lingkungan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas IV SD Negeri 3 Leksono. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 10 laki-laki dan 13 perempuan. Sehingga jumlah keseluruhan subyek penelitian ada 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) dalam pengisian angket terdapat siswa dapat dikatakan semua siswa setuju untuk memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran, 2) pembelajaran sudah memanfaatkan lingkungan sebagai media dalam pembelajaran matematika materi bilangan pecahan untuk kegiatan perbaikan hasil belajar siswa, 3) diperoleh nilai rata-rata dari kegiatan pembelajaran sebelum digunakan media pembelajaran yaitu 65,9 dan nilai rata-rata sesudah digunakannya media pembelajaran yaitu 83,9, 4) adanya peningkatan hasil belajar sesudah digunakannya media pembelajaran dengan kenaikan nilai rata-rata yaitu sebanyak 18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika materi bilangan pecahan meningkat dengan adanya pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran bagi kelas IV SD Negeri 3 Leksono.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Bilangan Pecahan, Media Pembelajaran
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3373

Actions (login required)

View Item
View Item