Search for collections on Karya Ilmiah

PERILAKU VANDALISME PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI 023 PENAJAM KALIMANTAN TIMUR

MAULIDA NUR HIDAYAH (2022) PERILAKU VANDALISME PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI 023 PENAJAM KALIMANTAN TIMUR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja perilaku vandalisme pemustaka dan bagaimana upaya pencegahan perilaku vandalisme pemustaka di Perpustakaan SD Negeri 023 Penajam Kalimantan Timur. Kegiatan pemeriksaan bentuk perilaku vandalisme dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, wawancara kepada pemustaka dan staf perpustakaan serta melakukan pemeriksaan langsung terhadap buku koleksi yang ada di Perpustakaan SD Negeri 023 Penajam Kalimantan Timur. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan petunjuk dan informasi mengenai bentuk perilaku vandalisme yang dilakukan oleh pemustaka dan upaya pencegahan perilaku vandalisme di Perpustakaan SD Negeri 023 Penajam Kalimantan Timur. Kuesioner yang dibagikan kepada siswa berjumlah 210 lembar, yang dikembalikan kepada penulis sebanyak 200 lembar. Dari hasil pengamatan dan pemeriksaan secara rinci terhadap koleksi perpustakaan, sebanyak 722 buku koleksi telah rusak. Mengatasi tindakan vandalisme dengan pemasangan sensor matic, sensor alarm, dan CCTV. Menyampaikan pesan tentang cara merawat koleksi buku yang baik melalui brosur, pamflet, pembatas buku, rambu-rambu di perpustakaan. Mengadakan sosialisasi peningkatan kesadaran pemustaka untuk melindungi koleksi seperti pendidikan pemakai, talkshow, workshop (lokakarya), pelatihan dan seminar.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20222
Uncontrolled Keywords: pemustaka, perpustakaan sekolah, vandalisme
Subjects: Program Studi > 310 Ilmu Perpustakaan S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:44
Last Modified: 07 Dec 2023 07:44
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item
View Item