TIA DAMAYANTI (2023) Penerapan Metode Tutor Sebaya Berbantuan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas I. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Blangu 2 Kecamatan Gesi Tahun Pelajaran 2022/2023 menjadi permasalahan inti yang diangkat dari penelitian ini. Melalui penerapan metode tutor sebaya berbantuan media kartu huruf pada siswa kelas 1 SDN Blangu 2 bertujuan untuk terciptanya peningkatan kemampuan membaca siswa. Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) merupakan metode penelitian yang dipilih oleh peneliti untuk melaksanakan penelitian. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan dua pertemuan setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes kinerja berupa beberapa butir soal yang terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Statistik yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase, teknik analisis ini digunakan untuk mengetahui peningkatan nilai belajar siswa setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode demonstrasi. Ketuntasan klasikal 42,85% dengan rincian 6 siswa lulus dan 8 siswa belum lulus pada akhir siklus 1. Dari hasil evaluasi akhir siklus 2 didapat ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,71% dengan rincian 12 siswa sudah lulus dan 2 siswa belum lulus. Penulis berpandangan bahwa dengan penerapan metode tutor sebaya berbantuan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN Blangu 2 Gesi .
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kartu Huruf, Membaca dan Menulis, Tutor Sebaya, |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3368 |