Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING

YULI ENY ISNAINI (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas 3 SD Negeri 4 Bulukerto pada mata pelajaran bahasa indonesia. Berdasarkan pra siklus dari 12 siswa hanya ada 4 siswa yang tuntas dan 8 siswa yang belum tuntas.Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan keterampilanmenulis tegak bersambung mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan metode latihan terbimbing pada siswa kelas III SD Negeri 4 Bulukerto? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas III SD Negeri 4 BulukertoMetode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Model PTK yang digunakan adalah model Kurt Lewin yang terdapat 4 tahapan pelaksanaan yakni perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas SD Negeri 4 Bulukerto yang berjumlah 12 siswa. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode latihan terbimbing untuk menulis tegak bersambung telah dilakukan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,7 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 93,3. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 72,3 dan peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 92,8. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I yakni 4 siswa dan pada siklus II 6 siswa yang tuntas. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 55,5 meningkat pada siklus I yaitu 64,6 dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yakni 82,3.2) Presentase ketuntasan siswa pada pra siklus hanya 30,7% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 61,5% dan peningkatan pada siklus II sebesar 84,61%. Siklus II sudah mencapai indikator kinerja ≥ 80 dan ≥ 80% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan, Menulis Tegak Bersambung, Metode Latihan Terbimbing.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item
View Item