MILLA SETYANI (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Dengan Metode Ajar Menggunakan Alat Peraga Kartu Angka Siswa Kelas II SDN 01 Dukuh Kecamatan Ngargoyoso Tahun Pelajaran 2023/2024. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang pada umumnya tergolong sulit dipahami, oleh karena itu siswa SD kurang berminat untuk mengikuti pelajaran matematika, akibatnya nilai matematika siswa yang diperolehnya tidak mencapai optimal.Pembelajaran Matematika sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inguriy) untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran Matematika di SD menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan berfikir secara ilmiah. Keterlibatan dan aktifitas yang besar dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika yang diproleh siswa.Metode pembelajaran perkalian dengan kartu angka dalam pendidikan Matematika di SDN 01 Dukuh sangat tepat untuk diterapkan untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa.Pada penelitian menggunakan dua tabel pengambilan data, yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang kemudian dibandingkan total hasilnya sebelum dan sesudah menggunakan metode kartu angka pada pembelajaran Matematika di SD.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil dan minat belajar siswa dengan menggunkan metode kartu angka.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, metode kartu angka, mata pelajaran Matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3362 |