Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Bilangan Pecahan Melalui Alat Peraga Manipulatif Siswa Kelas 2 MI AL AMIN Palur

SUCI NURCAHYA ST (2023) Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Bilangan Pecahan Melalui Alat Peraga Manipulatif Siswa Kelas 2 MI AL AMIN Palur. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi bilangan pecahan menggunakan metode demonstrasi dengan alat peraga manipulatif pada siswa kelas 2-B MI Al Amin Palur. Bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Al Amin Palur dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Alat pengumpul data yaitu lembar observasi, soal tes, dan dokumen lainnya. hasil penelitian menunjukkan hasil pembelajaran siklus 1 dengan tes formatif sebesar 68 % sedangkan pada siklus II tingkat ketuntasan tes formatif sebesar 88 %. Keaktifan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru meningkat 10%, keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat naik sebesar 20%, keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan naik sebesar 10%, dan keaktifan siswa di dalam kerja berkelompok naik sebesar 15%. berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika khususnya materi bilangan pecahan kelas kelas 2-B MI Al Amin Palur dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan pecahan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bilangan Pecahan, Alat Peraga Manipulatif, , Metode Demonstrasi.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View Item
View Item