SITI SYA'BANIYYAH (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar SiswaKelas III MIM Walen 2 Simo. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan sederhana siswa kelas III MIM Walen 2 Simo dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian tindakan kelas ini menggunakan prosedur siklus dimulai dari observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi pada analisis data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pecahan sederhana. Hal tersebut disebabkan karena penyampaian materi yang kurang menarik hanya menggunakan metode ceramah sehingga pemahaman siswa dalam materi pecahan sederhana sangat rendah. Penggunaan media gambar dapat menjadikan suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, sehingga siswa lebih aktif dan mudah memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahahan sederhana. Hal itu dibuktikan dengan hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut, kondisi awal sebelum tindakan dari 17 siswa hanya terdapat 6 siswa yang tuntas diatas KKM, 11 lainnya belum tuntas, hanya 35% yang tuntas. Pada Siklus I dari 17 siswa terdapat 12 siswa yang tuntas diatas KKM, dan 5 siswa lainnya belum tuntas, terjadi kenaikan 6 siswa dari kondisi pra siklus dengan demikian peningkatan rata-rata dari 35% pada pra siklus menjadi 71% pada siklus I. Pada siklus II dari 17 siswa semua mendapat nilai diatas KKM, terjadi kenaikan 5 siswa dari kondisi siklus I dengan demikian peningkatan rata-rata dari 71% menjadi 100% pada akhir siklus II. Terjadi kenaikan yang signifikan sehingga semua siswa hasil belajarnya tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan sederhana siswa kelas III MIM Walen 2 Simo.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Hasil belajar, media gambar, pecahan sederhana. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3354 |