EDWIN TITO NUR KUNCORO (2023) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN MELALUI METODE MEDIA GAMBAR BERBASIS SOSIOKULTURAL MENULIS SISWA KELAS 2 SD NEGERI 3 GROBOGAN SEMESTER 2 TAHUN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah yang dibahas pada PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) yakni tentang bagaimana cara untuk meningkatkan nilai siswa pada kelas II SD Negeri 3 Grobogan pada Tema 7 Subtema 4 pelajaran Bahasa Indonesia yang menggunakan media gambar. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis karangan menggunakan media gambar. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Grobogan Kecamatan Grobogan yang berjumlah sebanyak 15 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif yaitu berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikalkulasi dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 9 siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 12 siswa. Pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa (100%). Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 3 Grobogan pada Tema 7 Subtema 4 mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Tujuan Penelitian, Hasil Belar, Metode Diskusi dan Media Gambar, Kelas 2 Sekolah Dasar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3353 |