SITI MAHSONAH (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE TUTOR SEBAYA MATERI PENYUSUNAN DATA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi penyusunan data seusai diterapkan model pembelajaran kooperatif Tutor Sebaya pada siswa kelas IV semester II SD Negeri 3 Ketro. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan hasil belajar tersebut ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklusnya, yaitu pada kondisi awal/pra siklus (58,33%), siklus I (72,22%) dan siklus II (91,67%). Berdasar hasil penelitian tersebut, pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penyusunan data siswa kelas IV semester II SD N 3 Ketro Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. untuk pengembangan selanjutnya, guru diharapkan dapat mengintegrasikan pembelajaran dengan kebutuhan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran kooperatif,Tutor Sebaya |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3351 |