ANITA RAHMAWATI SUTANTO (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran Materi Ekosistem kelas V SDN 10 Purwodadi masih menggunakan model pembelajaran yang belum bervariasi. Siswa kurang terlibat aktif dalam mengikuti pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar dalam materi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Ekosistem melalui penerapan model pembelajaran picture and picture. Langkah-langkah dari model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu: 1) Penyampaian Kompetensi, 2) Presentasi Materi, 3) Penyajian Gambar, 4) Pemasangan Gambar,5) Penjajakan, 6) Penyajian Kompetensi, 7) Penutup. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mempunyai tahapan sebagai berikut: 1) Perencanaan (planning), 2) Tindakan (action), 3) Pengamatan (observing), 4) Refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas V SDN 10 Purwodadi. Pengumpulan data melalui tes evaluasi dan observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk menganalisis aktivitas siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Lembar tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 73 mengalami peningkatan menjadi 83 pada siklus 2. Siswa yang tuntas pada siklus 1 sebanyak 17 siswa meningkat menjadi 24 siswa. Ketuntasan belajar pada siklus 1 53% mengalami peningkatan menjadi 75%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem, Hasil Belajar, Picture and Picture |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3345 |