NUR'AINI MUHAROMAH (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Pecahan Melalui Media Belajar Benda Konkret Siswa Kelas V SDN 02 Gedaren Tahun Ajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran matematika sulit dipahami jika hanya melalui metode ceramah, perlu pendekatan dan media yang tepat untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep pecahan melalui media belajar benda konkret. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart di mana dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data awal menunjukkan siswa masih kesulitan dalam memahami konsep pecahan pada pembelajaran matematika. Populasi penelitian meliputi siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 SDN 02 Gedaren. Hasil analisis data siklus 1 aspek kognitif menunjukkan hanya 8 siswa (31%) mencapai KKM dan 18 siswa (69%) belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata klasikal yaitu 70,58. Setelah tindakan, hasil analisis data siklus 2 aspek kognitif menunjukkan sebanyak 26 siswa (100%) mencapai KKM dengan nilai rata-rata klasikal yaitu 82,50. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media belajar benda konkret berhasil meningkatkan hasil belajar matematika pada konsep pecahan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | matematika, konsep pecahan, media benda konkret |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3344 |