Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ MELALUI METODE TALQIN PADA SISWA KELAS III SDII AL ABIDIN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SUPARNO (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ MELALUI METODE TALQIN PADA SISWA KELAS III SDII AL ABIDIN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Al-Qur‟an merupakan salah satu dari aspek dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dua aspek dari mata pelajaran ini adala aspek tilawah (membaca) dan aspek tahfidz (menghafal). Kaidah dalam membaca al quran berupa penerapan hukum tajwid dan makhroj yang benar. Penerapan tajwid dan makhroj harus benar untuk menghindari kesalahan baca al quran baik kesalahan ringan atau kesalahan yang berat. Membaca al quran dengan baik dan benar merupakan dasar untuk melanjutkan ke aspek berikutnya yaitu tahfid atau menghafal al quran. Kondisi awal pembelajaran al quran di SDII Al Abidin Surakarta adalah ditemukannya banyak kesalahan dalam membaca ayat-ayat al Quran. Terutama adalah kelas III SDII AL Abidin Surakarta. Dari 26 siswa baru 10 % yang bisa membaca ayat-ayat al quran dengan baik dan benar. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan tindakan kelas dengan menerapkan metode talqin. Setelah dilakukan pembelajaran dengan metode talqin, pada siklus 1 didapatkan hasil belajar siswa meningkat, tetapi peningkatan belum terlalu signifikan. Setelah melakukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya, didapatkan peningkatan hasil berupa 85% dari jumlah siswa kelas III SDII Al Abidin Surakarta mampu membaca dan menghafal ayat al quran dengan kaidah tajwid yang benar.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : membaca dan menghafal al quran, perlakukan tindakan kelas, metode talqin
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3343

Actions (login required)

View Item
View Item