MEI ISTANTI (2023) PENGARUH MEDIA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar belajar siswa merupakan salah satu alat ukur keberhasilan dalam dunia pendidikan untuk mengukur kemampuan, pemahaman dan penguasaan materi setelah proses pembelajaran. Matematika merupakan salah satu bidang studi yang diajarkan dalam Pendidikan formal dalam pembelajaran matematika ini mengembangkan cara berfikir bernalar kritis yang mempelajari tentang symbol dan angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media geoboard terhadap hasil belajar siswa materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Manggis. Penelitian ini berlangsung selama 3 siklus yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu prencanaan, pelaksannaan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan 19 anak kelas IV yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki sebagai subyek yang diteliti. Hasil belajar siswa dapat ditentukan dengan melakukan tes di akhir pembelajaran. Hasil dari penelitian ini setelah dilakukan inovasi pembeljaran matematika maka diperoleh nilai rata-rata kelas 86,49 dengan 18 siswa yang mengalami ketuntasan (89,47%) dan 1 siswa belum tuntas (10,53). Dari penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan media pembelajaran geoboard atau papan berpaku pada materi bangun datar.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Matematika dan Media Geoboard |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3339 |