Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Media Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Pada Siswa Kelas IV SD

JULI TRI UTAMI (2023) Penerapan Media Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Pada Siswa Kelas IV SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Berdasarkan dari hasil penelitian, proses pembelajaran di SD Muhammadiyah Wonorejo yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka, dimana siswa harus berperan aktif dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, dalam proses pembelajaran pada saat ini masih banyak siswa yang belum berani untuk mengemukakan pendapatnya dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Muhammadiyah Wonorejo yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan wawancara pada siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa upaya dalam meningkatkan keterampilan dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV B SD Muhammadiyah Wonorejo dengan menggunakan metode pembelajaran Card Sort lebih menegaskan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan mengemukakan pendapatnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Card Sort untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengemukakan pendapat dilakukan melalui beberapa upaya, yaitu lebih menegaskan siswa untuk memecahkan masalah sendiri, mencari informasi dari berbagai sumber, mengemukakan pendapat di depan kelas. Keaktifan siswa dapat dilihat dari gambar grafik siklus I dan siklus II. Pada siklus I dengan persentase sangat aktif 11%, aktif 22%, cukup aktif 30%, tidak aktif 26%, sangat tidak aktif 11 %. Sedangkan pada siklus II dengan persentase sangat aktif 30%, aktif 63%, sedangan cukup aktif 7%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Card Sort untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengemukakan pendapat terbukti telah meningkatkan keterampilan dalam mengemukakan pendapat peserta didik kelas IV B SD Muhammadiyah Wonorejo.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model pembelajaran card sort, keterampilan siswa
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3336

Actions (login required)

View Item
View Item