UKIK SULISTRIANA (2023) PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIAGAMBAR SISWA KELAS 3 SEMESTER GENAP SD NEGERI 1 GRANTING TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman kelas III SD Negeri Granting. Adapun faktor yang mempengaruhi yaitu dikarenakan pembelajaran masih bersifat monoton dan tidak menggunakan metode yang tepat dalam proses pembelajarannya. yaitu siswa hanya disuruh untuk membaca teks yang telah di sediakan oleh guru. Tujuan peneliti karya ilmiah ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan metode pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Pada palajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman pada peserta didik kelas III SDN 1 Granting. Subjek pada penelitian ini adalah semua peserta didik di kelas III SDN 1 Granting Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah peserta didik sebanak 20 siswa. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu dengan media gambar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman di SDN 1 Granting sangat sesuai untuk diterapkan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan angket. Sedangkan Instrumen penilaian yang digunakan yaitu berupa lembar wawancara, lembar pengamatan, angket, tes yang berupa soal penugasan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunkan media bergambar. Obyek pada penelitian ini adalah kelas III SD Negeri 1 Granting semester dengan jumlah 20 siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan, sebagai obyek penelitian dapat dilihat pada perolehan nilai rata-rata pada siklus I 50 % dengan rata-rata kelas 67,7 dan siklus II 85 % dengan rata-rata kelas 78,2 hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pesertadidik. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Pemahaman siswa kelas III SD Negeri 1 Granting.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, hasil belajar, membaca pemahaman, media gambar. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3324 |