Search for collections on Karya Ilmiah

IMPLEMENTASI STORY TELLING DAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUKPENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAKUSIA 4-5 TAHUN

DEWI MASITHOH (2023) IMPLEMENTASI STORY TELLING DAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUKPENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAKUSIA 4-5 TAHUN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Implementasi story telling dan media loose parts untuk pengembangan kemampuan bahasa anak usia 4-5tahun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh implementai story telling dan media looseparts terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitiankualitatif yaitu dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Responden dalam penelitian ini adalah25 anak yang terbagi menjadi tiga sesi cerita. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan yaituwawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis data kualitatifyang diangkat dari Miles dan Huberman (1984). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa beberapaanak yang memiliki masalah dalam kemampuan perkembangan bahasa mengalami peningkatan yangcukup baik, dari 50% anak yang mengalami permasalahan dalam perkembangan bahasa mengalamipeningkatan dari segi menyimak dan berbicara, terutama kemampuan bercerita yang disesuaikan denganperkembangan bahasa anak. Indikator keberhasilan anak dikatakan mampu untuk bercerita adalahdengan memiliki 3 indikator yang terbagi menjadi beberapa sub sub indikator, yaitu : 1) Kandungan/ Isicerita, 2) Bahasa, 3) Penyampaian cerita. Penerapan media yang menarik dan kreatif akanmenumbuhkan minat dan motivasi belajar anak, sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: story telling, loose parts, kemampuan bahasa
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3323

Actions (login required)

View Item
View Item