RIDA MAULIDA ZAHARA (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS 5 SDN 1 KEMIRI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang dunia pendidikan yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran IPA pada kelas V SD Negeri 1 Kemiri. Rumusan masalah penelitian adalah Apakah metode demonstrasi dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang siklus air pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kemiri? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA melalui penggunaan metode demonstrasi dengan media visual. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2022–2023 di SD Negeri 1 Kemiri, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan Penilaian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SD Negeri 1 Kemiri, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan pada bulan Mei 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan metode demonstrasi dan media visual, 8 siswa atau 34% dari kelas memiliki skor evaluasi akhir di bawah 65. Namun, setelah menggunakan metode demonstrasi dengan media visual, sebanyak 24 siswa atau 96% mengalami peningkatan dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dengan media visual pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kemiri, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan pada semester 2 dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, IPA |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3319 |