Search for collections on Karya Ilmiah

KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA BERGAMBARPADA ANAK KELOMPOK A DI TPA PELANGI KIDS KAUMAN KIDUL

LILIK WIDIYANTI (2023) KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA BERGAMBARPADA ANAK KELOMPOK A DI TPA PELANGI KIDS KAUMAN KIDUL. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kemampuan berbahasa anak khususnya dalam kemampuan berbicara pada TPA Pelangi Kids Kauman Kidul. Hal ini disebabkan karena media pembelajaran kurang tepat dan pendidik menggunakan metode penugasan sehingga kegiatan pembelajaran kurang menarik dan anak pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana media bergambar dapat meningkatan kemampuan berbicara anak. Penelitian ini dilaksanakan di TPA Pelangi Kids Kauman Kidul. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindak Kelas), dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak kelompok A TPA Pelangi Kids Kauman Kidul Salatiga yang berjumlah 7 anak terdiri dari 2 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Data yang dikumpulkan adalah hasil observasi. Hasil penelitian terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata mengalami peningkatan dipra siklus 14% kemudian meningkat 29% menjadi 43% di Siklus 1. Pada Siklus 2 meningkat kembali 42% menjadi 85%. Disimpulkan bahwa penerapan media bergambar dapat meningkatkan hasil belajar anak di kelompok A TPA Pelangi Kids Kauman Kidul Salatiga tahun pembelajaran 2022-2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Bahasa, Berbicara, Media gambar
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3314

Actions (login required)

View Item
View Item