Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN MENGANYAM PESERTA DIDIK KELOMPOK B DI TK TUNAS BHAKTI KARANGANOM KECAMATAN SUKODONO

ENDANG PUSPITASARI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN MENGANYAM PESERTA DIDIK KELOMPOK B DI TK TUNAS BHAKTI KARANGANOM KECAMATAN SUKODONO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKENDANG PUSPITASARI NIM 857797777, Penerapan Kemampuan Motorik Halus Dalam Kegiatan Menganyam Dengan Metode Demontrasi Pada Peserta Didik Kelompok B di TK Tunas Bhakti Karanganom Sukodono Sragen Tahun Pelajaran 2022 / 2023, Laporan Penelitian Tindakan Kelas Program Studi S1 PG-PAUD di Universitas Terbuka Surakarta.Tujuan penelitian ini adalah : Untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dalam kegiatan menganyam dengan metode demontrasi pada peserta didik kelompok B di TK Tunas Bhakti Karanganom Sukodono Sragen Tahun Pelajaran 2022 / 2023.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Reflektif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di TK Tunas Bhakti Karanganom Sukodono Sragen Tahun Pelajaran 2022 / 2023 yang berjumlah 23 peserta didik. Prosedur penelitian ini menggunakan Model Kemmis & Me Taggart. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan cara analisis data observasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan dengan menerapkan metode demontrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dalam kegiatan menganyam Kelompok B di TK Tunas Bhakti Karanganom Sukodono Sragen Tahun Pelajaran 2022 / 2023 dan berhasil. Pada tindakan pra siklus peserta didik yang mendapatkan nilai Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 25 %, sedangkan 60% memperoleh hasil Mulai Berkembang (MB), dan 15% Belum Berkembang (BB). Setelah menerapkan metode demontrasi, pada siklus I, sebanyak 40% peserta didik mendapat nilai Berkembang Sangat Baik (BSB), 20% Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 40% Mulai Berkembang (MB). Pada siklus II sebanyak 60 % peserta didik mendapat nilai Berkembang Sangat Baik (BSB), 30% Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 10% Mulai Berkembang (MB). Oleh karena itu, sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan. Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dalam kegiatan menganyam pada peserta didik kelompok B di TK Tunas Bhakti Karanganom Sukodono Sragen Tahun Pelajaran 2022 / 2023 telah berhasil..

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Menganyam, Metode Demonstrasi.
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item
View Item