ANNIS FITRI NURWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI WAKTU PADA SISWA KELAS II SDN TRIYAGAN 02. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah adanya upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran matematika tentang materi waktu menggunakan model pembelajaran problem based learning. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas II SD Negeri Triyagan 02 Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo dengan jumlah peserta didik sebanyak 12 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2022 / 2023. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus 8 siswa (67%). Pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa (100%). Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunaan model pembelajara problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Materi Waktu, Hasil Belajar, Problem Based Learning |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3304 |