VIJAYA KUSUMA (2023) MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY DAN QR CODE. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini merupakan Class Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan hasil belajar matematika siswa khususnya kelas V SD N 3 Pakis Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan melalui penerapan metode Problem Based Learning menggunakan media Augmented Reality dan QR Code System. Peneliti mengambil subjek yaitu sebanyak 18 siswa dalam 1 kelas yang terdiri dari 9 siswa putra dan 9 siswa putri dengan kemampuan yang relative beragam. Penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu tahapan yang pertama adalah perencanaan, yang kedua pelaksanaan, ketiga pengamatan dan yang terakhir adalah refleksi. Instrument yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes formatif hasil belajar matematika. Tindakan yang dilakukan dinyatakan berhasil apabila jumlah siswa yang mencapai minimal KKM meningkat pada hasil evaluasi yang telah dilakukan. Dari proses analisis kualitatif terhadap hasil tes siswa menunjukan perbaikan dari sebelum hingga sesudah tindakan dilakukan. Hasil penelitian ini terdapat peningkatandari semula sebelum diterapkan metode yaitu sebesar 48,89% kemudian persenytase meningkat menjadi 100%. Oleh karena itu, berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning dengan media Augmented Reality dan QR Code dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Pakis pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Prestasi siswa, Augmented Reality, QR Code |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3302 |