Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN KARTU BERCERITA PADA SISWA KELAS V SDN 2 BUWARAN

YUYUN FARIDA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN KARTU BERCERITA PADA SISWA KELAS V SDN 2 BUWARAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah masalah lemahnya pelaksanaan proses pembelajaran yang diterapkan para guru disekolah. Proses pembelajaran yang terjadi selama ini kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas hanya diarahkan pada kemampuan siswa menghafal informasi, siswa hanya dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diperoleh untuk menghubungkannya dengan situasi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan PTK ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan gambar bercerita dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 2 Buwaran. PTK ini terdiri dari 2 siklus pembelajaran yang mengikuti alur untuk siklus 1: rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Kegiatan siklus 1 kemudian dilanjutkan dengan siklus 2 yang alurnya adalah rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan diakhiri dengan refleksi. Pembelajaran dengan model CIRC (Cooperatif Integrated Reading and Composition) ini ternyata mampu menaikkan tingkat pemahaman siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari semula 40% mejadi 90% dan rata-rata kelas dari semula 63 menjadi 74 dari KKM 65. Dari hasil refleksi siklus 1 kemudian diteruskan dengan tindak lanjut berupa pelaksanaan tindakan siklus 2. Pada tindakan siklus 2 ini ternyata mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Indikator yang tampak yaitu terjadi kenaikan ketuntasan belajar yang semula 70% pada siklus 1 menjadi 90% pada siklus 2 dan rata-rata kelas sebesar 74 pada siklus 1 menjadi 84 pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION)
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3297

Actions (login required)

View Item
View Item