Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI MU’AWANAH MUSLIMIN MUSLIMAT SAMIREJO DAWE KUDUS PADA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN CTL TAHUN PELAJARAN 2022-2023

INNAYATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI MU’AWANAH MUSLIMIN MUSLIMAT SAMIREJO DAWE KUDUS PADA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN CTL TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak: Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang membutuhkan keterampilan berhitung, berlogika, dan menganalisis. Banyak siswa yang masih belum memenuhi keterampilan-keterampilan tersebut. Hal ini mengakibatkan hasil nilai siswa menjadi rendah. Permasalahan yang sama terjadi di kelas III MI Mu’awanah Muslimin Muslimat dimana banyak siswa yang masih kesulitan untuk memahami materi pecahan. Hal ini dibuktikan dengan hasil ulangan kelas 3 yang masih di bawah KKM. Salah satu solusinya adalah menggunakan metode CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III MI Mu’awanah Muslimin Muslimat menggunakan metode CTL. Subyek penelitian adalah kelas III dengan jumlah 33 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Pada siklus pertama, prosentase ketuntasan hanya 60%. Sebelumnya, prosentase ketuntasan siswa hanya 40%. Pada siklus 2, terjadi peningkatan dengan prosentase ketuntasan sebesar 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Mu’awanah Muslimin Muslimat pada materi pecahan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pecahan, CTL, hasil belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item
View Item