ROSYID HARDIKA (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Materi Udara Bersih Bagi Kesehatan Melalui Model Kooperatif Picture And Picture Siswa Kelas V SDN 01 Gedeg. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar materi udara bersih bagi kesehatan yaitu diperoleh data dari hasil ketuntasan belajar siswa (41%) dengan nilai rata-rata 62,5. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti menunjukkan kurang tepatnya guru dalam menggunakan metode dalam pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Materi Udara Bersih Bagi Kesehatan. Metode dalam penelitian ini adalah model kooperatif Picture and picture. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, hasil tes dan observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Gedeg.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dianalisis secara deskriptif, hasil tes belajar siswa digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Hasil siklus I peneliti menerapkan model kooperatif Picture and picture dan ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi (77%) dengan nilai rata-rata 73,4, siklus II peneliti menerapkan model kooperatif Picture and picture dan media permainan kartu gambar konkrit untuk menyampaikan informasi materi pelajaran hasil ketuntasan belajar meningkat secara signifikan yaitu (86%) dengan nilai rata-rata 79,3. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Picture and picture memberi dampak positif dalam perbaikan pembelajaran hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa, motivasi belajar siswa meningkat, terciptanya pembelajaran yang kondusif dan siswa lebih antusias dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Picture And picture, Udara. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3294 |