DIAN WIDYASTUTI (2023) Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Rejoagung Tahun Pelajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Kegagalan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran IPS tidak selalu disebabkan oleh kurangnya pemahaman materi, namun bisa juga disebabkan oleh kurang tepatnya penggunaan metode dan strategi dalam proses pengajaran. Penggunaan metode dan strategi pengajaran yang kurang tepat serta pengajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan pemahaman peserta didik menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Discovery Learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik SDN 2 Rejoagung pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Dalam hal ini, PTK dilaksanakan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 2 Rejoagung dengan jumlah siswa 12 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai hasil tes atau latihan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai mean 73 dengan ketuntasan hasil belajar 58,33% sehingga terjadi peningkatan sebesar 33,33%. Sedangkan pada siklus II nilai mean 83,08 dan ketuntasan hasil sebesar 91,67%. Peningkatan ketuntasan hasil peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu 33,34%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat memberikan peningkatan hasil belajar IPS materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN 2 Rejoagung tahun 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, hasil belajar, IPS |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3293 |