Search for collections on Karya Ilmiah

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAMATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA KELAS V DI SDIT AL HIKMAH MAYONG JEPARA

NADZIROTUL FARIDA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAMATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA KELAS V DI SDIT AL HIKMAH MAYONG JEPARA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKIlmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang membahas mengenai alam sekitar yang di peroleh dari pengalaman melalui proses ilmiah. Dalam pembelajaran IPA, siswa dituntut untuk berperan aktif agar materi yang disampaikan oleh guru dapat selalu teringat dan bertahan lebih lama. IPA bukan hanya mempelajari tentang alam sekitar tetapi juga makhluk hidup dan yang hidup didalamnya, seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Suatu kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan dan menarik merupakan hal yang diinginkan setiap siswa agar mereka tetap konsentrasi dan tertarik mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, salah satunya menggunakan alat peraga konkrit. Pada pembelajaran IPA materi system pernafasan manusia kelas V di SDIT Al Hikmah, guru cenderung hanya menggunakan metode pembelajaran yang monoton yakni ceramah dan tanya jawab, sehingga menyebabkan siswa menjadi jenuh, bosan bahkan hampir tidak memperhatikan ketika guru sedang menyampaikan materi, akibatnya banyak siswa yang kesulitan dan tidak paham mengenai materi tersebut. Salah satu kesulitannya adalah bagaimana cara/proses manusia bernafas menggunakan alat pernafasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran konkrit mata pelajaran IPA materi system pernafasan manusia di SDIT Al Hikmah kecamatan Mayong kabupaten Jepara tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan pada materi pokok system pernafasan manusia. Hasil penelitian dari proses pembelajaran mulai dari siklus I sampai siklus II nilai rata-rata siswa meningkat, yakni dari 78,28 menjadi 80,31. Tingkat ketuntasan belajar siswa pada siklus I 50% sudah memperoleh nilai baik di atas 70 meningkat menjadi 68.75%. Jadi penggunaan media pembelajaran konkrit berupa alat peraga dapat meningkatkan hasi belajar siswa mata pelajaran IPA materi system pernafasan manusia kelas V di SDIT Al Hikmah Mayong Jepara tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: alat peraga, hasil belajar, IPA, system pernafasan manusia
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item
View Item