Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 GEMULUNG

DEA ANANDA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 GEMULUNG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan matematika memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk sikap, konsep dan pola pikir untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam belajar. Oleh karena itu, pembelajaran matematika sangat diperlukan di jenjang Sekolah Dasar (SD), agar peserta didik dapat memiliki penguasaan terhadap materi pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika, peserta didik diharapkan dapat memiliki kemampuan dalam menyelesaikan dan memahami konsep dalam soal yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penggunaan metode Role Playing dalam pembelajaran matematika materi pecahan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami bentuk-bentuk pecahan. Agar peserta didik memiliki gambaran nyata mengenai bentuk-bentuk pecahan, digunakan pula media papan pecahan matematika. Media ini berfungsi untuk memberikan gambaran nyata tentang bentuk pecahan yang dipelajari. Dalam penelitian ini, menggunakan model Kemmis dan Mc Taggar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Gemulung Pecangaan Jepara yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil dari penerapan metode Role Playing berbantuan media papan pecahan ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dalam materi pecahan mengalami peningkatan pemahaman dalam pembelajaran dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Role Playing, papan pecahan
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3289

Actions (login required)

View Item
View Item