Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Mama Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

ERIKA WIDYA MEIULIANAWATI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Mama Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media mama card dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda siswa kelas V di SDN Mijen 1 Kebonagung Demak. Waktu pelaksanaan penelitian pada semester genap bulan Mei tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Mijen 1 yang berjumlah 9 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus dilakukan 1 kali pertemuan dengan empat tahapan yaitu: perencanan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), dan refleksi (reflection). Materi yang diajarkan yaitu perubahan wujud benda. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase dengan uji ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan klasikal yang semula persentase ketuntasan klasikal pada prasiklus hanya 12% mengalami peningkatan menjadi 56% pada siklus 1, dan selanjutnya pada siklus 2 meningkat menjadi 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media mama card dapat meningkatan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar IPA, make a match, mama card
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3287

Actions (login required)

View Item
View Item