Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MEDIA PECAPI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN

MOHAMAD RUSLAN RASANJANI (2023) PENERAPAN MEDIA PECAPI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas III SD Islam Siti Sulaechah 2 Sriwulan Sayung Demak tahun ajaran 2022/2023 pada mata pelajaran Matematika materi Pecahaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa masih ada 38,46% dibawah KKM, dan nilai rata-rata kelas yang dicapai adalah 60. Pembelajaran masih di dominasi oleh guru dan tidak ada media pembelajaran. Oleh karena itu, guru sebagai peneliti berusaha menggunakan media papan pecahan pizza ( pacappi ). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika materi Pecahan kelas III SD Islam Siti Sulaechah 2 Sriwulan Sayung Demak tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari persentase Siklus I yaitu 61,53%, pada Siklus II menjadi 100%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 74,2 dan pada siklus II menjadi 95.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powerpoint pada materi penyajian data dalam bentuk pecappi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Islam Siti Sulaechah 2.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : perkalian silang pada pecahaan
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3286

Actions (login required)

View Item
View Item