Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MATERI PANDAWA MELALUI MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA KELAS II SD

ATIKAH RUSYDINA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MATERI PANDAWA MELALUI MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA KELAS II SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Jawa materi Pandawa dengan menerapkan media visual Pop-up book siswa kelas II SD Negeri Samban 01 Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah melakukan proses belajar yang disesuaikan tujuan belajar. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 29 orang siswa kelas II SD Negeri Samban 01 tahun ajaran 2022/2023. Teknik analisis yang digunakan adalah anlisis kuantitatif dengan pengumpulan data melalui menggunakan observasi dan tes. Hasil data analisis kemudian disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan N-Gain siklus I sebesar 0, 22 dan pada siklus II diperoleh 0, 43. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan N-Gain sebesar 0, 30 yang termasuk pada kriteria sedang. Berdasarkan hasil data diatas, peneliti setuju bahwa dengan menggunakan media visual pop-up book dapat meningkatkan proses pembelajaran sehingga berdampak pada meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: bahasa Jawa, hasil belajar, Pandawa, pop-up book
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item
View Item