DYAH RIZKI FATATI (2023) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENGELOMPOKAN ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPUR DENGAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT SISWA KELAS V MI AL-AZHAR PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mengelompokan zat tunggal dan zat campuran siswa kelas V MI Al-Azhar Pati. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan pelaksanaan perbaikan dilakukan 2 siklus dan dilaksanakan sebanyak 2 pertemuan pada tiap-tiap siklusnya, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (observasi) merupakan data hasil perolehan lembar pengamatan keaktifan siswa. Hasil penelitian berupa non tes (observasi) dilihat dari keaktifan siswa pada prasiklus sebesar 12,5%, siklus I sebesar 50,0% dan siklus II meningkat 100%. Sedangkan. hasil penelitian tes formatif yang dilaksanakan oleh siswa dihasilkan nilai pada tahap pra-siklus siswa yang tuntas sebesar 18,8% dengan rata-rata 62,5. Pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 56,3% dengan rata-rata 68,8, dan pada siklus II siswa yang memiliki nilai tuntas 87,5% dengan rata-rata 80. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa mengelompokan zat tunggal dan zat campuran siswa kelas V MI Al Azhar Pati tahun pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Keaktifan, Teams Games Tournament (TGT), Zat Tunggal dan Zat Campuran |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3282 |