NUR AZIZAH (2023) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS III SDN 01 DADIREJO TIRTO PEKALONGANTAHUN AJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep soal cerita matematika melalui metode tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 01 Dadirejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah siswa adalah 35 siswa dengan 16 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, interview, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan pemahaman konsep soal cerita. Sebelum perbaikan ketuntasan belajar adalah 37% (13 siswa). Pada siklus 1 meningkat menjadi 75% (26 siswa). Kemudian pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 84% (29 siswa).
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | konsep soal cerita, Metode tutor sebaya, Pemahaman konsep matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3281 |