Search for collections on Karya Ilmiah

Pola Komunikasi Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Masa Pandemi di Kelas 3 SD

RIKHATUN NIAM (2023) Pola Komunikasi Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Masa Pandemi di Kelas 3 SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hambatan dan solusi pola komunikasi guru dengan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran masa pandemi di kelas 3 SD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan Grounded Theory. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber data primer meliputi wali kelas, orang tua siswa, dan siswa. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi. Analisis data peneliti menggunakan beberapa tahap yaitu perumusan masalah, penggunaan kajian teoritis (bila perlu), pengumpulan data dan penyampelan, analisis data, penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola komunikasi guru dengan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa masa pandemi di kelas 3SD terbagi dalam tiga bentuk yaitu: Pola komunikasi satu tahap, pola komunikasi yang dilakukan orang tua tidak ada feedback kepada guru. Pola Komunikasi dua tahap, komunikasi yang dilakukan guru dengan orang tua memiliki feedback. Pola komunikasi tiga tahap, komunikasi yang dilakukan memiliki feedback dan komunikan disini dapat menyampaikan informasi yang didapat kepada orang lain. 2) Hambatan pola komunikasi yakni orang tua sebagai komunikan tidak segera memberikan feedback dan terkadang feedback tidak sesuai dengan pesan yang disampaikan guru. 3) Solusinya adalah orang tua harus memiliki inisiatif dalam memberikan pesan. Memotivasi anak untuk bersabar, keterbukaan, empati, memberikan pendidikan agama sedini mungkin serta rekomendasi.ABSTRACT:This study aims to describe the processes, obstacles and solutions to teacher-parent communication patterns in increasing student learning motivation during the pandemic period in grade 3 elementary school. This type of research is field research with a Grounded Theory. Data collection was carried out by interviews, observation and documentation with primary data sources including homeroom teachers, students' parents, and students. The validity of the data uses a credibility test with a triangulation technique. Data analysis researchers used several stages, namely problem formulation, use of theoretical studies (if necessary), data collection and sampling, data analysis, conclusions. The results of the study show that: 1) The pattern of communication between teachers and parents in increasing students' learning motivation during the pandemic in grade 3 SD is divided into three forms, namely: One-stage communication pattern, the communication pattern by parents has no feedback to the teacher. Two-stage communication patterns, communication between teachers and parents has feedback. The three-stage communication pattern, the communication that is carried out has feedback and the communicant here can convey the information obtained to others. 2) Barriers to communication patterns, namely parents as communicants do not immediately provide feedback and sometimes the feedback does not match the message conveyed by the teacher. 3) The solution is that parents must take the initiative in giving messages. Motivate children to be patient, open, empathetic, provide religious education as early as possible and recommendation.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pola komunikasi, motivasi belajar Keywords: communication patterns, learning motivation
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3278

Actions (login required)

View Item
View Item